Resep Selai Coklat

Tahukah Anda, ternyata resep selai coklat homemade sangatlah mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Tidak hanya itu, Anda bahkan dapat menjadikan selai cokelat sebagai bisnis yang menguntungkan.

Selai cokelat biasanya dijadikan sebagai olesan roti untuk membuat sarapan yang lezat. Oleh karena itu, konsumen selai cokelat sangatlah banyak sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Jika Anda merupakan seorang pemilik bisnis kuliner di bidang pastry dan bakery, tidak ada salahnya untuk menambahkan selai cokelat ke dalam list produk toko Anda. Saat ini banyak orang yang mulai mencoba untuk membuat kue dan roti sendiri di rumah untuk mengisi aktivitas selama di rumah saja.

Dengan demikian, Anda dapat menjadikan hal ini sebagai peluang untuk menawarkan selai cokelat kepada para pelanggan agar mereka tidak perlu repot-repot membuat selai cokelat sendiri. Lalu, bagaimana cara membuat selai cokelat homemade yang mudah dan enak?

Resep Selai Cokelat

Dalam membuat selai cokelat homemade, Anda membutuhkan bahan dasar cokelat bubuk atau cocoa powder untuk membuatnya. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti resep selai cokelat dan cara pembuatannya berikut ini:

Bahan-Bahan:

  • 3 sdm cocoa powder
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm susu kental manis
  • 250 ml air putih
  • ½ sdm mentega

Cara Membuat Selai Coklat :

  1. Siapkan satu wadah besar untuk tempat adonan
  2. Ayak tepung terigu dan cocoa powder ke dalam wadah, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit
  3. Masukkan gula pasir dan susu kental manis, lalu aduk adonan hingga tidak ada gumpalan yang tersisa
  4. Selanjutnya, panaskan adonan tersebut dengan api kecil hingga mendidih meletup-letup
  5. Masukkan mentega ke dalam adonan selai cokelat lalu aduk hingga rata
  6. Angkat selai cokelat dan tutup dengan plastic wrap lalu biarkan hingga dingin
  7. Pindahkan selai cokelat ke dalam toples dan selai cokelat sudah siap untuk dijual

Berikutnya ada fakta dan juga manfaat resep selai coklat

Baca Juga:Mesin Coklat

Fakta Selai Coklat

resep selai coklat

1. Resep Italia sejak lama

Nutella adalah pelesetan dari gianduja yang memiliki campuran sekitar 70% pasta hazelnut dan 30% cokelat. Selai ini ditemukan di kota di Italia, Turin atau Torino selama pemerintahan Napoleon sekitar tahun 1800.

Sebuah blokade Mediterania membuat cokelat langka sehingga chocolatiers mencampurnya dengan hazelnut yang tersedia di wilayah tersebut.

2. Bukan sekadar selai cokelat

Menurut hukum Italia, Nutella hanya bisa disebut dengan krim hazelnut karena selai ini tidak memenuhi kriteria dari segi kandungan kakaonya.

3. Ferrero menggunakan 25% pasokan hazelnut

Setiap satu toples Nutella hanya mengandung sekitar 50 biji hazelnut dan Ferrero menggunakan 25% pasokan hazelnut secara global.

4. Lembut

Nutella mengandung 70% lemak dan gula. Setiap dua sendok makan Nutella mengandung 200 kalori, 11 gram lemak, dan 21 gram gula. Bahkan, Ferrero sempat menghadapi gugatan beberapa tahun yang lalu karena iklan yang menyebutkan Nutella adalah makanan bergizi dianggap palsu.

Manfaat Selai Coklat

1. Meningkatkan Produksi Insulin

Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari.

Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun terhadap mereka yang makan dark chocolate. Jadi manfaat coklat bisa juga untuk meningkatkan insulin.

2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan dark chocolate. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Coklat bermanfaat sebagai antioksidan.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Peneliti di John Hopkins School of Medicine membuat sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut, dark chocolate bermanfaat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, ucap Diane Becker, MPH, ScD.

Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah menjadi lebih lambat terhadap orang dengan konsumsi cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak.

Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga bobot tubuh, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang diet.

Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menghasilkan penemuan bahwa dark chocolate memberikan perasaan lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya coklat cukup bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

5. Mengatasi Diare

Kebanyakan kita hanya mengetahui sejumlah tanaman yang memberikan dukungan terhadap pengobatan diare seperti pada manfaat daun jambu biji. Padahal sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16 adalah memberikan pengobatan diare dengan kakao.

Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan bermanfaat untuk menghentikan diare.

6. Meningkatkan Intelijensi

Jika berada pada situasi proyek kerja memberikan stres, ada baiknya untuk mengkonsumsi dark chocolate. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga untuk meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan.

Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari University of Nottingham, yang menemukan bahwa minum kokoa atau coklat yang kaya akan flavanol bermanfaat dalam peningkatan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan otak untuk jangka pendek.

7. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, sekitar 1,5 ons 85% dark chocolate diberikan kepada sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis setiap hari selama delapan minggu. Dalam studinya, yang telah dikirimkan untuk publikasi, para peserta dilaporkan merasa tidak terlalu lelah setelah makan cokelat.

Anehnya, tidak ada kenaikan bobot tubuh terhadap skelompok orang tersebut, menurut peneliti Steve Atkin, PhD. Para peneliti percaya bahwa cokelat meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin, dan membantu mengatur suasana hati dan tidur, namun memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat coklat tersebut.

Nah itu dia resep selai coklat, fakta, beserta manfaatnya yang terkandung. Selamat Mencoba!

Baca Juga: Mesin Coklat