Virus Yang Menyerang Tumbuhan

Hai teman-teman di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang virus yang menyerang tumbuhan yuk simak baik-baik.

Virus Yang Menyerang Tumbuhan

 

1. Virus Yang Menyerang Tumbuhan Tomat

Yang pertama yaitu tumbuhan tomat merupakan Tomato Yellow Leaf Curl Virus. Jenis penyakitnya merupakan penyakit yellow yang bisa menyebabkan daun tumbuhan mengalami klorogis (tellowing) dan mengerut atau keriting (curly) pada tumbuhan tomat.

Selain bisa mneyebabkan daun berwarna kuning dan keriting, jenis virus tersebut menyebabkan tanaman tomat mengeras,menggulung, teksturnya kasar dan lebih tebal di banding tanaman normal.

Untuk penularan virus kuning pada tumbuhan tomat terjadi melalui bantuan kutu kebul. Kutu kebul merupakan vektor utama penyebar virus Tomato Yellow Leaf Curl Virus.

2. Virus Yang Menyerang Tumbuhan Padi

Yang kedua yaitu tumbuhan padi merupakan penyakit tungro. Oh iya penyakit tungro adalah penyakit kerdil pada tanaman padi. Di dalam tumbuhan padi terdapat dua virus yang menyebabkan tumbuhan padi terkena penyakit tungro, yaitu virus tungro batang atau Rice Tungro Bacilliform Virus (RTSV) dan virus tungro bulat dan Rice Tungro Spherical Virus (RTSV).

Kedua jenis yang di sebutkan di atas mempunyai hubungan kekerabatan dan dapat menginfeksi tanaman padi secara bersamaan. Gejala yang akan di timbulkan ketika tanaman padi terinfeksi virus tungro merupakan tanaman padi menjadi kerdil, Dan juga daunnya berwarna kuning jingga dengan bercak-bercak berwarna coklat.

Ketika tanaman padi di serang jenis virus tungro akan berubah warnanya secara meluas dari ujung sampai bagian pangkal. Nah virus tungro juga menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas gabah setiap kali panen. Untuk cara penularan virus yang menyerang tumbuhan padi ini bisa di melalui perantara angin, serangga atau akibat kontak langsung dari tanaman sehat ke tanaman yang sakit.

3. Virus Yang Menyerang Tumbuhan Tembakau

Ketiga pada tumbuhan tembakau nama penyakitnya mosaik, Pada tanaman tembakau di sebabkan oleh virus Tobacco Mozaic atau virus TMV. Virus mosaik ini mempunyai sel inang utama yaitu tanaman tembakau.  Virus TMV dapat bermutasi, akibatnya virus ini mampu menginfeksi tumbuhan yang lain contohnya kentang , tebu, gandum, kacang keledai, labu, tomat, buncis dan lain sebagainya.

Gejala yang dapat timbul ketika tumbuhan terinfeksi virus TMV adalah warna daun menjadi belang hijau dna kuning. Selain timbul bercak-bercak atau bintik-bintik pada daun, Kematian sel jaringan pada lokasi tertentu dan ukuran daun menjadi lebih kecil dan tubuh tumbuhan kerdil karena pertumbuhan yang terhambat.

Proses penularan virus mosaik bisa melalui benih, serangga penular atau tangan manusia terutama tangan para pekerja kebun tembakau yang sudah terkontaminasi cairan tembakau dan terinfeksi penyakit mosaik.

4. Virus Yang Menyerang Pada Tumbuhan Kentang

Selanjutnya Potato Virus Y (PVY) merupakan virus penyebab penyakit bercak cincin nekrotik atau potato tuber ecrotic ringspot disease (PTNRD) pada tumbuhan kentang. Akibatnya bercak cincin nekrotik, kentang tidak dapat di jual. Sehingga kerugian yang sangat besar yang akan di hadapi oleh petani kentang.

Virus PVT dapat ditularkan melalui vektor kutu, namun bisa juga dalam benih kentang. Hal ini membuktikan bahwa jalur keturunan untuk produksi benih kentang selama generasi berikutnya menyebabkan kegagalan panen.

Baca Juga : Mesin Pencacah Rumput

5. Virus Yang Menyerang Tumbuhan Mentimun

Kelima ada cucumber Mosaic Virus (CMV), Virus CMV biasanya menyerang tanaman mentimun atau tanaman lain. Virus CMV mempunyai reputasi sebagai virus yang memiliki beragam sel inang yang luas kalau di bandingkan dengan jenis virus tanaman lain.

Kemudian virus CMV dapat di tularkan dari tanaman satu ke tanaman lain, melalui kutu daun. Jenis virus ini juga dapat di tularkan melalui biji oleh gulma parasit contohnya tali putri. Nah gejala yang mucul ketika virus yang menyerang tumbuhan ini memberi efek timbul bintik pada daun, warna daun menguning, dan timbul bercak pada daun.

6. Virus Yang Menyerang Tumbuhan Daun Menggulung

Di dalam daun menggulung umunya terjadi pada tanaman kapas, tembakau, dan lobak. kalau biasanya kita jumpai daun menggulung pada tumbuhan itu karenan di dalamnya terdapat ulat yang sedang bermetamorfosis, maka penyakit daun menggulung ini di sebabkan oleh virus, yaitu Turnip Mozaic Virus (TuMV).

Gejala tumbuhan yang terinfeksi virus TuMV dapat dengan mudah di kenali yaitu bentuk daunnya menggulung ke atas di sepanjang urat daun utama yang mulai dari ujung anak daun selian itu warna daun kekuningan mengalami klorosis.

7. Virus Yang Menyerang Tumbuhan Kembang Kol

Nama penyakitnya mosaik kembang di sebabkan oleh jenis virus Cauliflower Mosaic Virus (CaMV). Jenis virus ini dapat menginfeksi berbagai jenis tanaman sayuran contohnya kubis, bunga kol, taoge dan brokoli. Ini virus CaMV dapat menyerang melalui perantara kutu daun dari berbagai spesies seperti kutu kubis/kol.

8. Virus Yang Menyerang Tumbuhan Bit Barat

Terakhir penyakit kuning pada bit barat di sebabkan oleh virus Beet Western Yellow Virus (BWYV) atau yang di kenal dengan virus Turnip Yellows Virus (TuYV). Virus yang menyerang tumbuhan bit, Tanaman bit merupakan jenis tumbuhan dataran tinggi yang umbi akarnya berwarna merah dan bisa di manfaatkan untuk membuat gula karenan kandungan atau kadar gulannya tinggi.

Buat teman-teman yang sedang mencari mesin lainnya bisa kunjungi website rumah mesin, Semoga bermanfaat.